INTEGRASI DAN MIGRASI SISTEM “DIGITAL DISTRUPTION : VOICE ASSISTANT”

|
bloggerkristinayanti36.blogspot.com
1.                 Teknologi Disruptif 4.0
Perkembangan disruptif pada revolusi 4.0 terdapat, terjadi perubahan secara signifikan dimana ditandai dengan munculnya sebuah teknologi disruptif yang merubah aktivitas kehidupan pada manusia. teknologi disruptif dapat diartikan yaitu menciptakan teknologi baru dan merubah teknologi yang sudah ada. perubahan yang terjadi yaitu kemunculannya sebuah robot pintar, super computer, kendaraan tanpa pengemudi, internet of things, cloud computing, dan masih banyak lainnya.
 Teknologi disruptif ini juga dapat menghambat perusahaan - perusahaan yang sudah ada sebelum kemunculan disruptif, dimana perusahaan lama akan bersaing dengan perusahaan – perusahaan yang sudah menerapkan teknologi di dalam dunia bisnis, usaha yang belum menggunakan teknologi terbaru akan kalah dengan usaha yang sudah menggunakan teknologi yang di terapkan oleh teknologi disruptif 4.0.
1.1              Ancaman Teknologi Disruptif 
Revolusi Industri 4.0 tidak hanya menyediakan sebuah peluang namun ancamannya terdapat pada generasi muda jaman sekarang yang dikatakan generasi milenial. kemajuan teknologi ini dapat memicu industri dimana akan terdapat banyaknya pengangguran karena terdapat persaingan antara mesin dengan manusia. salah satunya gerbang pada tol hanya dengan membayar dengan e-money tanpa bantuan tangan manusia. Sehingga dapat diketahui pekerjaan yang dilakukan oleh manusia semakin kedepan akan digantikan oleh teknologi digital yang kualitasnya lebih dari manusia. dengan adanya revolusi industri ini dapat membuat semakin tingginya penggangguran pada Indonesia.

2.                 Salah Satu Contoh Ancaman Terbaru 
Dengan adanya teknologi disruptif tolak ukur dalam dunia usaha akan memberikan sebuah kunci keberhasilan dalam meraih prestasi dengan cepat. dapat dicontohkan dimana Google Voice Assistant dapat membuat pengguna dengan mudah mengirim email dengan suara, memutar musik vidio, melakukan penelusuran handsfree dengan suara, menelusuri berbagai tempat, dan Google Voice Assistant nantinya akan dapat melakukan reservasi restaurant maupun hotel melalui panggilan suara. berikut penjelasan mengenai Google Voice Assistant.
2.1              Google Voice Assistant
Google Asisstant adalah asisten virtual yang didukung oleh kecerdasan buatan dan dikembangkan oleh google yang terutama tersedia di perangkat seluler dan perangkat rumah pintar. Salah satu fitur Google Voice Assistant dimana dapat lebih mempermudah membuat catatan sebagai kasus ancaman yang diambil pada saat ini seperti pada gambar dibawah ini.
Hasil gambar untuk google voice assistant
Gambar 1 Google Voice Assistant Transkrip Text

Dengan Voice Asisstant tidak perlu lagi mengetik pada keyboard maupun buku tulis catatan namun hanya perlu dengan suara maka voice assistant akan bekerja dan mengenali suara dari pengguna yang akan dikirimkan ke google untuk memberikan layanan pengenalan ucapan dan kemudian transkrip text akan bekerja dan akan ditampilkan pada aplikasi catatan.


No comments:

Featured Post

Customer Relationship Management

  Exercise Questions How do you define CRM? How are CRM activi...

Popular Post

(C) Copyright 2018, By Kristina Yanti