“Membandingkan teks cerita sejarah dengan teks cerita sejarah lainnya.”

|
bloggerkristinayanti36.blogspot.com


Ø Membandingkan teks cerita sejarah dengan teks cerita sejarah lainnya.
v Teks cerita sejarah yang akan dibandingkan adalah teks cerita sejarah berjudul " kedatangan Belanda ke Banten " pada buku paket halaman : 57 Dan teks cerita sejarah berjudul " Perang Diponegoro " pada buku paket halaman : 51.
-     Struktur umum teks kedua teks tersebut sama, yakni dibangun oleh pengenalan rekaman peristiwa, dan penutup. Perbedaan nya hanya pada paragraf keberapa terdapat masing - masing unsur tersebut.
Struktur Umum
Teks “ Kedantangan Belanda ke Banten “
Teks “ Perang Diponegoro


Pengenalan
bagian pengenalan dinyatakan dalam paragraf pertama. Hal ini ditandai dengan penggunaan kata
" merupakan " Yang digunakan dalam suatu pendefinisian.
bagian pengenalan dinyatakan dalam paragraf pertama dan kedua. Hal ini ditandai dengan pengenalan Pangeran Diponegoro dan keluarganya.
Rekaman Peristiwa
bagian rekam peristiwa dinyatakan dalam paragraf kedua dan ketiga pada paragraf kedua, dinyatakan rangkaian peristiwa kedatangan Belanda ke Banten sampai akibat kedatangan Belanda. Pada paragraf ketiga, dinyatakan rangkaian peristiwa kembalinya Belanda ke Banten.
bagian rekam peristiwa di menyatakan dalam paragraf ketiga sampai ke tujuh, pada paragraf ketiga sampai ke tujuh, dinyatakan rangkaian peristiwa penyebab kemarahan Pangeran Diponegoro terhadap Belanda hingga pertahanan pasukan Pangeran Diponegoro yang semakin melemah.
Penetup
bagian penutup dinyatakan, dalam paragraf keempat. Dinyatakan dalam paragraf tersebut, akibat dari perpecahan keluarga Sultan Ageng dengan putranya yaitu Sultan Haji.
bagian penutup dinyatakan dalam paragraf ke delapan. Dinyatakan dalam paragraf tersebut akibat perundingan Pangeran Diponegoro dengan Belanda.









v  Dalam hal kaidah kebahasaan, teks " kedatangan Belanda ke Banten " dengan teks " Pangeran Diponegoro " memiliki kesamaan. Kedua teks tersebut dibentuk oleh kalimat yang menyatakan masa lampau, penggunaan kata kerja tindakan, penggunaan keterangan waktu dan tempat, serta konjungsi temporal dan konjungsi kausalitas.
Kaidah Kebahasaan
Teks “Kedatangan Belanda Ke Banten
Teks “ Pangeran Diponegoro
Kalimat yang menyatakan masa lampau
v Bandar di datangi Belanda pada tahun 1596
v Pada tahun 1659, Sultan Ageng menandatangani perjanjian damat
v Pada tahun 1802,Jarot naik tahta.
v Sultan Hamengku Buwana III wafat pada tahun 1817.


Kalimat kerja tindakan.

v Sultan Haji menandatangani perjanjian dengan Belanda
v Belanda bermaksud membuat sebuah jalan baru.
v Belanda mendirikan benteng - benteng di daerah yang telah dikuasai kembali.
Kalimat keterangan waktu dan tempat
v Banten merupakan bandar pertama yang di datang Belanda pada tahun 1596.
v Jaron naik takhta sebagai Hamengku Buwana IV, Tetapi dua tahun kemudian beliau meninggal tiba tiba.
Konjungsi Temporal
v Tetapi kemudian mereka diterima baik setelah pimpinan rombongan menjelaskan bahwa kedatangan mereka untuk berdagang.
v Jarot naik tahta sebagai Hamengku Buwana IV, Tetapi kemudian beliau meninggal tiba tiba.
Konjungsi Kausalitas
v Akibatnya, beberapa orang Belanda termasuk dehoutman ditangkap.
v Ia lebih suka bergaul dengan para ulama dan rakyat kecil sehingga mengenal benar kehidupan rakyat dengan segala kesengsaraannya.





v Kesimpulan
Ø Perbedaan :
Perbedaan teks "Pangeran Diponegoro" dengan teks " kedatangan Belanda ke Banten " adalah
-       Pada teks "Pangeran Diponegoro " pada bagian orientasi di awali dengan pengenalan tokoh sedangkan pada teks " kedatangan Belanda ke Banten " bagian orientasi di awali dengan pengenalan tempat.
-       Pada bagian rekaman peristiwa, pada teks " pangeran diponogoro " terdapat dua rekam peristiwa sedangkan pada teks " kedatangan Belanda Ke  Banten " terdapat lima rekam peristiwa.
Ø Persamaan :
-       Persamaan yang pertama antara teks " Pangeran Diponegoro " dengan teks " kedatangan Belanda ke Banten "   adalah dalam hal struktur, struktur kedua teks tersebut sama sama dibangun oleh pengenalan, rekaman peristiwa dan penutup.
-       Dalam hal kaidah teks cerita sejarah " Pangeran Diponegoro " memiliki kesamaan dengan teks cerita sejarah " kedatangan Belanda ke Banten " kedua teks tersebut dibentuk oleh kalimat kalimat yang menyatakan masa lampau, penggunaan kata kerja tindakan, penggunaan keterangan waktu dan tempat, serta konjungsi temporal dan konsumsi kausalitas.

No comments:

Featured Post

Customer Relationship Management

  Exercise Questions How do you define CRM? How are CRM activi...

Popular Post

(C) Copyright 2018, By Kristina Yanti